Beranda Olahraga Soal Harga Skuat, ManCity Kalahkan Real Madrid

Soal Harga Skuat, ManCity Kalahkan Real Madrid

BERBAGI
Para pemain ManCity. [Foto: AFP]

MANCHESTER – Juara bertahan Premier League, Manchester City, menjadi tim dengan skuat termahal di Eropa pada tahun ini. UEFA melaporkan bahwa ManCity telah menghabiskan dana sebanyak 702 juta poundsterling untuk menbiayai pemain pada musim ini.

Uang 60 juta poundsterling untuk pembelian Riyad Mahrez di musim panas lalu membuat harga skuat The Citizens melampaui pengeluaran Real Madrid, yang skuatnya saat ini, menelan biaya total 693 juta poundsterling. Untuk soal harga skuat meliputi pembelian pemain, gaji dan nilai pemain, ManCity bisa mengalahkan Madrid. Tapi, masih jauh soal prestasi.

Melansir Daily Mail, UEFA dalam 10 tahun terakhir telah mendirikan The European Club Footballing Landscape untuk mengawasi kesehatan keuangan klub-klub di 55 asosiasi anggotanya agar tidak melanggar aturan Financial Fair Play. Selain itu, lembaga ini juga bertugas untuk menawarkan solusi keuangan yang lebih stabil bagi klub-klub di divisi top Eropa.

Dalam rilis terbaru yang dikeluarkan UEFA bersama The European Club Footballing Landscape, Premier League masih menjadi kompetisi dengan penghasilan terbesar mencapai 4,5 milliar poundsterling, hampir dua kali lipat dari LaLiga (2,5 milliar poundsterling) dan Bundesliga (2,4 miliar poundsterling).

Sedangkan Serie A berada di urutan keempat dengan pendapatan sekitar 1,9 miliar poundsterling, disusul Ligue 1 dengan total keuntungan sebesar 1,4 milliar poundsterling.

Bukan hanya memimpin keuntungan berdasarkan hitung-hitungan per asosiasi, Premier League turut menyumbangkan 13 timnya di deretan 30 besar klub Eropa dengan penghasilan terbesar.

Untuk total tagihan gaji, Premier League juga menjadi yang terbesar. Meski ada penurunan nilai mata uang poundsterling terhadap Euro, namun secara total, seluruh klub Premier League mempunyai tagihan gaji pemain sebesar 2,6 miliar poundsterling.

Sembilan kontestan Premier League yakni Manchester City, Manchester United, Chelsea, Liverpool, Arsenal, Tottenham, Crystal Palace, Leicester dan Southampton menjadi klub dengan tagihan gaji terbesar.

SUMBER: Viva.co.id

BERBAGI