Home Nanggroe BKKBN Aceh Teken MoU Pengembangan SDM KKBPK dengan BPSDM

BKKBN Aceh Teken MoU Pengembangan SDM KKBPK dengan BPSDM

SHARE
Kepala Perwakilan BKKBN Aceh Sahidal Kastri (berpeci) menyalami Kepala BPSDM Aceh Mahyuzar usai menandatangani kerja sama kedua lembaga di Banda Aceh, Rabu (16/1). Foto Ist

BANDA ACEH – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Aceh menandatangani Nota Kesepahaman dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh, tentang pengembangan SDM Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Penandatangan tersebut dilakukan pada kegiatan sosialisasi peraturan perundang-undangan kabupaten/kota yang digelar di Banda Aceh, Rabu (16/1).

Kepala Perwakilan BKKBN Aceh Sahidal Kastri mengatakan, MoU bertujuan untuk meningkatkan koordinasi antar lembaga dalam rangka meningkatkan kualitas SDM sembari mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga kecil bahagia dan sejahtera dengan ketentuan perundang-undangan.

Sementara ruang lingkup MoU meliputi kerja sama dalam bidang pendidikan, pelatihan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, dan pengembangan SDM program KKBPK.

“Nota kesepahaman ini sangat berkaitan erat banyaknya penyuluh kita yang berada di kabupaten/kota yang memerlukan pengembangan dan peningkatan SDM, maka kita harapkan kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Aceh berperan serta dan melibatkan penyuluh kita mengenai pelatihan yang menyangkut tentang kinerja dan sebagainya,” harap Sahidal.

Di samping itu, lanjut Sahidal, BKKBN Pusat mengharapkan provinsi dapat bekerjas ana dengan balai-balai pelatihan, pusat-pusat pendidikan, seperti BPSDM Aceh, supaya materi pendidikan kependudukan itu dapat dikembangkan di lembaga-lembaga diklat tersebut.

Kepala BPSDM Aceh Mahyuzar mengatakan, dengan adanya perjanjian kerja sama antara lembaganya dengan Perwakilan BKKBN Aceh, setidaknya widyaiswara, dimanfaatkan oleh BKKBN untuk mengisi pelatihan-pelatihan yang dilakukan selama ini. Kemudian, kerja sama masalah pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan program KKBPK.

“Ke depan kita akan buat dan susun mekanisme supaya pelatihan apa yang nanti bersinergi yang memang dibutuhkan oleh masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Melalui MoU ini tentu kita akan lebih kuat, lebih mudah dalam memasukkan kegiatan-kegiatan di BPSDM,” pungkas dia. (Rilis)

SHARE