Beranda Ekonomi Plt Gubernur Serahkan Ganti Rugi Pembebasan Lahan Pembangunan Tol Aceh

Plt Gubernur Serahkan Ganti Rugi Pembebasan Lahan Pembangunan Tol Aceh

BERBAGI
Wilayah Aceh dilihat dari satelit. [Foto: Istimewa]

BANDA ACEH – Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyerahkan uang Rp7 miliar sebagai ganti kerugian pengadaan lahan pembangunan jalan tol di ruas Sigli-Banda Aceh .

“Secara simbolis, hari ini saya berikan ganti rugi pengadaan 20 bidang tanah untuk pembangunan ruas tol Sigli-Banda Aceh di dua kecamatan, yakni Blang Bintang dan Montasik kepada 17 pemilik lahan,” kata Plt Gubernur Nova di Banda Aceh, Kamis (15/11/2018).

Hal itu diutarakan Nova dalam sambutan yang dihadiri Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Aceh Saiful, Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) Pemerintah Aceh, dan 17 orang penerima ganti rugi berasal di dua kecamatan di Aceh Besar.

Ia mengatakan, pembangunan jalan tol di provinsi tersebut merupakan salah satu program strategis nasional, dan menjadi bagian dari trans Sumatera yang menghubungkan Aceh hingga Lampung.

Keberadaan jalan tol dewasa ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, akibat jalur transportasi jalan darat yang ada selama ini dirasakan tidak lagi cukup memadai bagi mendukung gerak pembangunan di daerah.

Seperti diketahui, Peraturan Presiden Nomor 56 tahun 2018 terkait Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional di Aceh sendiri akan direalisasikan pembangunan beberapa ruas tol. Yakni pembangunan jalan tol ruas Sigli-Banda Aceh sepanjang 75 kilometer (km), Binjai-Langsa 110 Km, Langsa-Lhokseumawe 135 km, dan Lhokseumawe-Sigli 135 km.

“Jalan tol juga merupakan solusi yang tepat dalam rangka memperlancar akselerasi ke semua sektor, sehingga distribusi pangan dan gerak ekonomi semakin meningkat,” katanya.

“Kami harapkan, segera dikabarkan saudara-saudara kita yang lahan terkena pembangunan jalan tol yang menghubungkan Sigli-Banda Aceh,” terang Nova.

Kakanwil BPN Aceh Saiful sembelumnya di tempat yang sama mengatakan, penyerahan ganti rugi pengadaan lahan pembangunan jalan tol ini dari total 3.561 bidang tanah.

“Pengadaan tanah, ada sebagian kecil menolak. Alhamdulillah, sudah dimenangkan pengadilan. Kami telah menyiapkan dokumen, apakah nanti kami titipkan di pengadilan,” katanya.

Ruas Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Lintasi 78 Gampong

Badan Pertanahan Nasional (BPN) menyatakan, pembangunan jalan tol di ruas Sigli-Banda melintasi 78 gampong atau desa yang tersebar pada dua kabupaten di Aceh.

“Dari total 3.500 lebih bidang tanah sepanjang 73 kilometer melintasi 10 kecamatan dengan 78 gampong,” ucap Kepala Bidang Pengadaan Tanah BPN Aceh, Joko Suprapto di Banda Aceh, Kamis.

Joko mengaku, pihaknya berhati-hati dalam pengadaan tanah untuk merealisasikan pembangunan jalan di lahan seluas 853 hektare di ruas yang disingkat dengan Sibancen ini.

Adapun 17 penerima ganti rugi atas tanah di dua kecamatan, yakni Blang Bintang dan Montasik di Aceh Besar merupakan pemilik 20 bidang tanah yang terkena pembangunan jalan di ruas itu.

SUMBER: Antara Aceh

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here