Beranda Lingkungan Kawanan Gajah Liar Masuk Perkampungan Warga di Pidie

Kawanan Gajah Liar Masuk Perkampungan Warga di Pidie

BERBAGI
Ilustrasi gajah liar. [Foto: Istimewa]

PIDIE – Kawanan gajah liar memasuki perkampungan Desa Leupu, Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie, Aceh. Munculnya hewan bertubuh besar itu sontak membuat kaget para santri yang tengah beraktivitas di atas balai pengajian. Dua di antaranya bahkan pingsan hingga harus dilarikan ke puskesmas terdekat.

Sejumlah gajah liar yang belum diketahui jumlahnya ini sejak tiga hari terakhir memasuki wilayah Geumpang. Pada Minggu sore (4/11/2018), dilaporkan gajah telah memasuki Desa Leupu, tepatnya permukiman Bangkeh. Meski demikian, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) wilayah I, Inayat, menyebut sejak Sabtu (3/11) malam sebanyak 3 ekor gajah mendekati permukiman penduduk Desa Leupu. Kemudian Minggu (4/11) sore kemarin gajah memasuki perkampungan. Namun, tak ada insiden yang terjadi antara manusia dan satwa.

“Dua orang anak perempuan atau santri berumur 13 tahun yang sedang berada di balai pengajian terkejut dan syok, ketika melihat gajah melintas di depan mereka. Keduanya jatuh pingsan dan sempat dibawa ke puskesmas. Saat ini keduanya telah kembali ke rumah mereka,” kata Inayat saat dikonfirmasi, Senin (5/11/2018).

Sementara itu, hari ini kawanan gajah masih berada di dalam perkampungan. Rencananya, pihak-pihak terkait bersama BKSDA Aceh akan menggiring hewan tersebut untuk kembali ke habitatnya.

“Kawanan gajah saat ini masih berada di perkebunan sekitar pemukiman. Personel BKSDA Resort Pidie bersama CRU akan merapat ke lokasi untuk melakukan penggiringan,” jelas Inayat.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo membenarkan kawanan gajah liar tersebut turun dan memasuki perkampungan warga. Namun, ia menegaskan tidak ada korban yang terluka seperti yang beredar di sosial media.

“Betul ada gajah turun dan ada anak kecil pingsan karena terkejut, bukan luka-luka,” ujar Sapto.

“Pagi ini tim BKSDA Resort Pidie dengan CRU Mila akan turun ke Geumpang untuk mengusir dan menggiring gajah tersebut kembali ke hutan dan tidak mengganggu warga,” pungkasnya.

SUMBER: Kumparan

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here