Beranda Nanggroe Sejumlah Desa di Aceh Utara Digenangi Banjir

Sejumlah Desa di Aceh Utara Digenangi Banjir

BERBAGI
Ilustrasi banjir di Aceh. [Foto: Istimewa]

LHOKSUKON – Sejumlah desa di wilayah Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara dan sekitarnya digenagi banjir akibat meluapnya Daerah Aliras Sungai (DAS) Krueng Keureuto.

Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkiyan Milyardin melalui Kapolsek Tanah Pasir AKP Nurmansyah, Senin malam (1/10/2018) di Lhoksukon, mengatakan berdasarkan kegiatan monitor yang dilakukan pihaknya di wilayah Kecamatan Tanah Luas, ada lima desa yang mulai digenangi banjir. Di antaranya, Desa Serba Jaman Baroh, Tanjong Masjid, Blang, Teupin Mee dan Desa Rayeuk Kuta.

Sekitar pukul 14.00 sampai dengan pukul 16.30 WIB, kita melakukan kegiatan patroli untuk memonitor banjir dalam wilayah Kecamatan Tanah Luas. “Ada lima desa yang mulai tergenang banjir akibat meluapnya DAS Krueng Keuruto,” ujar Kapolsek Tanah Luas.

Ketinggian air yang menggenangi rumah warga disejumlah desa dimaksud, berkisar antara 30 cm hingga 60 cm. Meski ketinggian air selutut orang dewasa hingga lebih, akan tetapi belum ada warga yang mengungsi maupun membuat dapur umum.

Kapolsek menambahkan secara bersamaan pihaknya juga mendistribusikan beras kepada warga miskin yang rumahnya tergenang air.

Secara keseluruhan, Polres Aceh Utara mendistribusikan beras bagi warga kurang mampu sebanyak 1,5 ton dengan jumlah 300 karung ukuran 5 kg.

Sementara itu, warga kecamatan Matang Kuli, Haris Maulana juga membenarkan, bahwa di kecamatan Matang Kuli, air juga mulai mengenangi pemukiman penduduk. Bahkan, rumah yang berada didaerah rendah, penghuninya terpaksa mengungsi.

Bagi rumah yang berada didaerah rendah, terpaksa penghuninya mengungsi sementara ke meunasah atau ke rumah sanak keluarganya, terang warga itu. [AntaraAceh]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here