Beranda Nanggroe PKK Aceh Ajak Masyarakat Kembali Galakkan Program 3 R

PKK Aceh Ajak Masyarakat Kembali Galakkan Program 3 R

BERBAGI

BANDA ACEH – Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Aceh, Dyah Erti Idawati mengajak masyarakat untuk kembali menggalakkan partisipasi masyarakat dalam pengolahan sampah dengan prinsip Reduce, Reuse, Recycle (3R) atau mengurangi, mengurai dan mendaur ulang sampah.

“Program 3 R ini sebelumnya sudah ada, namun belum berjalan maksimal. Untuk itu mari kita kembali galakkan mengingat volume sampah yang terus meningkat,” kata Dyah pada sosialisasi pengelolaan sampah rumah tangga, di Banda Aceh, Senin (17/9/2018).

Ia menyebutkan selama ini pemerintah Aceh maupun Kabupaten maupun Kota senantiasa berupaya membuat sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Namun, tidak semua berhasil diangkut karena keterbatasan tenaga. Akibatnya banyak sebagian dari sampah berserakan tanpa ada yang peduli mengatasinya.

“Jika kondisi ini terus dibiarkan, bau busuk yang ditimbulkannya akan membawa penyakit menular yang bisa mengancam kita semua,” kata Dyah.

Sampah yang dihasilkan dari limbah rumah tangga, kata Dyah pada dasarnya bukan ampas yang tidak bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan ekonomi. Jika masyarakat mengetahui teknik pengelolaannya, maka limbah tersebut dapat menghasilkan sesuatu yang bernilai.

“Ada sebagian sampah bisa kita kelola menjadi pupuk. Sedangkan sampah plastik dapat didaur ulang sebagai bahan industri yang memproduksi kebutuhan rumah tangga berbahan plastik,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya berharap agar sampah-sampah rumah tangga bisa dikurangi dan bisa di dayagunakan secara ekonomis.

“Kami dari PKK terus membantu pemerintah dalam melakukan sosialisasi bagaimana sampah-sampah rumah tangga bisa di dayagunakan sebagai sumber penghasilan yang bisa bermanfaat,” ungkapnya.

Sosialisasi pengelolaan sampah rumah tangga yang dilaksanakan selama sehari itu dihadiri 40 pengurus dan kader TP PKK dari 8 Kabupaten dan kota di Aceh. [Tommy]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here