Beranda Hukum KPK Periksa Staf Khusus Irwandi Yusuf

KPK Periksa Staf Khusus Irwandi Yusuf

BERBAGI
Irwandi Yusuf usai menjalani pemeriksaan lanjutan di Gedung KPK terkait kasus suap dana Otsus Aceh, Senin (13/8/2018). [Foto: Detik.com]

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap staf khusus Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Johnnico Apriano, Kamis (6/9/2018).

Johnnico rencananya akan diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan penerimaan gratifikasi dalam pengalokasian penyaluran Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) Tahun Anggaran 2018 pada Pemerintah Provinsi Aceh yang melibatkan Irwandi.

“Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka IY (Irwandi Yusuf),” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi.

Selain Johnnico, KPK juga memanggil seseorang dari pihak swasta bernama Farah Amalia. Ia turut diperiksa sebagai saksi untuk Irwandi.

Dalam kasus ini, KPK menduga upaya pemberian uang Rp 500 juta dari Bupati Bener Meriah Ahmadi kepada Irwandi terkait dugaan fee ijon proyek-proyek pembangunan infrastruktur yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh Tahun 2018.

Diduga pemberian tersebut merupakan bagian dari commitment fee 8 persen yang menjadi bagian untuk pejabat di Pemerintah Aceh dan setiap proyek yang dibiayai dari dana DOKA. Pemberian uang kepada Irwandi tersebut diketahui dilakukan melalui orang-orang terdekatnya serta orang-orang terdekat Ahmadi sebagai perantara. [Kompas.com]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here