Beranda Politik Haji Uma Kunjungi Dayah Ummul Aiman Pidie Jaya

Haji Uma Kunjungi Dayah Ummul Aiman Pidie Jaya

BERBAGI
Haji Umamengunjungi Dayah Ummul Aiman Pidie Jaya. [Foto: Istimewa]

MEUREUDU – Senator asal Aceh, H. Sudirman yang akrab disapa Haji Uma melakukan kunjungan ke Dayah Ummul Ayman II Cabang Pidie Jaya di Gampong Meunasah Bie Kecamatan Meurah Dua yang pada Jumat lalu (31/8/2018), ditimpa musibah kebakaran yang menghanguskan 17 bilik kamar santri.

Kedatangan Haji Uma ke Dayah Ummul Ayman II Cabang Pidie Jaya diterima langsung oleh Tgk. Bulchairi selaku pimpinan dayah beserta para santri. Hadirnya Senator H. Sudirman atau yang dikenal Haji Uma dalam film serial komedi Aceh “Eumpang Breuh”, setidaknya sedikit banyak telah merubah suasana sedih para santri dayah yang baru mengalami musibah jadi semarak.

Hal tersebut dikarenakan Haji Uma tidak hanya datang berkunjung, namun juga turut memberi ceramah atas permintaan pimpinan Dayah di depan sekitar 256 santri. Dalam ceramah yang bersifat motivasi kepada para santri, Haji Uma turut menyelipkan nada humor yang berhasil seolah sejenak lupa akan musibah yang baru beberapa hari lalu menimpa Dayah Ummul Ayman.

Salah satu bagian yang memantik gelak tawa yaitu disaat Haji Uma mengajak para santri untuk bersyukur bahwa masih selamat badan (tidak ada korban) dibalik musibah tersebut. Hal ini jauh lebih penting dari pada radio, cosmos (rice cooker) dan radio, termasuk “dokumentasi foto selfi” yang kemudian memancing gelak tawa santri.

Setelah menyampaikan ceramah, Haji Uma juga diajak berkeliling oleh pimpinan dayah dan santri guna melihat kondisi kerusakan akibat musibah kebakaran dan situasi lingkungan serta fasilitas dayah termasuk dapur umum. Saat berada di dapur umum, Haji Uma ikut memenuhi ajakan para santri dan tengku pengajar untuk makan siang bersama dalam kondisi seadanya.

“Alhamdulillah, atas izin Allah saya telah dpaat berkunjung dan bersilaturrahmi serta melihat langsung kondisi Dayah Ummul Ayman Pidie Jaya paska musibah kebakaran. Alhamdulillah tidak ada santri yang menjadi korban dalam musibah ini”, ujar Haji Uma.

Menurut Haji Uma, dirinya tiba di Aceh Senin (3/9/2018) dengan memanfaatkan waktu disela agenda kerjanya ke Batam, Kepulauan Riau guna berkunjung dan melihat kondisi Dayah Ummul Ayman setelah mendapat musibah kebakaran Jumat lalu (31/8/2018).

Dalam kunjungannya, Haji Uma juga turut serta menyerahkan bantuan pribadi kepada pimpinan dayah dalam bentuk uang tunai sebesar 5 juta rupiah guna dapat membantu meringankan beban pengurus dan para santri Dayah Ummul Ayman Pidie Jaya.

Menurut Haji Uma, bantuan yang diserahkan adalah dana pribadi dan sesuai kemampuannya. Haji Uma berharap bantuan tersebut dapat turut membantu dan bermanfaat bagi dayah, walau secara nominal terbilang kecil. [RILIS]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here