Beranda Lingkungan Kehabisan Oksigen, Tiga Penambang Emas di Pidie Meninggal Dunia

Kehabisan Oksigen, Tiga Penambang Emas di Pidie Meninggal Dunia

BERBAGI
Ilustrasi penambang emas di Aceh. [Foto: Acehkita.com]

SIGLI – Tiga penambang emas di Pidie meninggal dunia saat berada di dalam lubang tambang sedalam 17 meter, di kawasan pedalaman Geumpang, Pidie, Minggu (2/9/2018). Penambang emas tersebut meninggal dunia diduga karena akibat kehabisan oksigen.

Informasi yang dihimpun acehonline.info, Senin (3/9/2018), penambang emas yang meninggal dunia tersebut adalah Pendi Umar ( 27 tahun) warga Aceh Timur, Saiful Amri Umar (27 tahun) warga Aceh Timur dan Murtada (33 tahun) warga Blang Dalam, Kecamatan Manee, Pidie.

Kapolsek Geumpang Iptu Agustiar, Senin (3/9/2018) mengatakan, pada Minggu sekitar pukul 12.30 WIB, di lokasi lubang tambang emas di kawasan Gampong Pulo Loih dilakukan tepung tawar oleh seorang pemuka agama setempat.  Setelah prosesi tepung tawar, kemudian  ketiganya langsung turun kedalam lubang yang diperkirakan sedalam 17 meter untuk mengecek lokasi yang bakal ditambang. Namun ketika berada didalam lubang diduga mengalami kekurangan oksigen yang menyebabkan korban tewas.

“Berdasarkan laporan saksi mata, ketiga korban tewas tersebut diduga akibat kehabisan oksigen saat berada di dalam lubang tambang,”jelasnya.

Setelah menerima laporan tersebut, Iptu Agustiar menambahkan pihaknya langsung menuju ke lokasi untuk mengavakuasi korban, yang jaraknya cukup jauh pemukiman ke dalam kawasan hutan pedalaman Geumpang.

“Karena lokasi tambang cukup jauh dari pemukiman, proses evakuasi memakan wuktu lama,  sore hari jenazah bari biisa dievakuasi ke Puskesmas setempat untuk divisum,” katanya.

Iptu Agustiar menambahkan usai dilakukan visum oleh petugas medis di Puskesmas Geumpang, diketahui ketiga korban, sebelum meninggal mengalami kekurangan asupan oksigen.

“Ketiga jenazah tersebut sudah dipulangkan ke daerah masing-masing,”ungkapnya. [Juki]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here