Beranda Infotaiment Ratoeh Jaroe dan Tarek Pukat Sanggar KSA “Hipnotis” Pengunjung Aceh Expo 2018

Ratoeh Jaroe dan Tarek Pukat Sanggar KSA “Hipnotis” Pengunjung Aceh Expo 2018

BERBAGI
Penampilan Sanggar Komunitas Seni Aceh (KSA) Lhokseumawe di Aceh Expo 2018. [Foto: Reza Gunawan]

BANDA ACEH – Dua tarian tradisi Aceh Ratoeh Jaroe dan Tarek yang ditampilkan secara medley atau bersamaan dalam satu penampilan yang ditampilkan Sanggar Komunitas Seni Aceh (KSA) asal Lhokseumawe membuat takjub para pengunjung Aceh Expo 2018, Minggu malam (12/8/2018), di Lapangan Blang Padang Banda Aceh.

Penampilan para penari yang diiringi tabuhan rapai dan alunan seurunee kale itu seakan “menghipnotis” para penonton di panggung utama Aceh Expo yang merupakan bagian dari kegiatan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7 tersebut.

“Meskipun dengan segala keterbatasan dan persiapan seadanya, Alhamdulillah para penari dan musisi KSA mampu menampilkan penampilan terbaiknya malam ini,” kata Ketua Sanggar Komunitas Seni Aceh (KSA) Lhokseumawe, Syazali, didampingi Pembina KSA, Ade Subdhan, kepada acehonline.info, Minggu malam.

Ratoeh Jaroe Syazali menjelaskan, merupakan tarian yang memadukan gerakan harmonis tangan dan badan, yang menggunakan beberapa formasi duduk yang diiringi rapai dan syair-syair dzikir serta shalawat.

“Sedangkan Tarek Pukat merupakan tarian yang menceritakan kehidupan sehari-hari masyarakat pesisir Aceh yang bekerja sebagai nelayan,” jelas Syazali dampingi dua penata musik KSA, Maulizar dan Muhammad Iqbal.

Sore sebelumnya, kata Syazali, KSA juga turut memeriahkan Anjungan Kota Lhokseumawe dalam ajang Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7 lewat penampilan tarian tradisi Aceh “Tarek Pukat” di Taman Ratu Safiatuddin.

“Kami menguncapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mempercayakan KSA sebagai salah satu kontingen Kota Lhoksemawe untuk PKA-7. Insya Allah dalam waktu dekat, KSA juga akan menampilkan tarian-tarian tradisi Aceh di Riau dalam acara Serumpun Melayu,” ujarnya. [Reza Gunawan]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here