Beranda Jurnalis Warga Warga Resah, Dua Harimau Turun Gunung

Warga Resah, Dua Harimau Turun Gunung

BERBAGI

TENGGULUN – Warga pedalaman Aceh Tamiang resah karena harimau diperkirakan dua ekor turun gunung dan masuk perkebunan perkebunan sawit di Kecamatan Tenggulun.

Tatok, tokoh masyarakat RT Dusun Sumberjo, Gampong Tenggulun, Kecamatan Tenggulun, Kabupaten Aceh Tamiang, Rabu (25/7/2018), mengatakan, harimau dilaporkan sempat menerkam ternak warga.

“Ternak yang sudah di mangsa di antaranya seekor sapi. Pemangsanya diperkirakan dua ekor harimau yang turun gunung. Warga resah harimau turun gunung,” ungkap dia.

Tatok mengatakan harimau masuk ke perkebunan sawit PT Nilam Wangi pada malam hari. Ternak dimangsai karena selama ini hewan peliharaan itu dilepas dan tidak pernah dikandangkan. Selama ini juga tidak pernah ternak dimangsai harimau.

“Kondisi ini sudah meresahkan warga. Kami tidak bisa menembak harimau karena satwa hewan itu dilindungi. Kami melaporkannya ke WCS dan BKSDA Aceh Timur agar segera menangani masalah ini ini,” katanya.

Dianyah dan Tiswan dari WCS dan BKSDA Aceh Timur datang ke daerah itu. Mereka menggelar rapat koordinasi dengan warga Dusun Sumberjo membahas penanganan harimau yang sudah masuk ke perkebunan sawit.

Sementara itu, menurut catatan, kebanyakan konflik antara manusia dan harimau di Aceh Tamiang terjadi karena habitatnya terganggu oleh pembukaan hutan atau alih pungsi hutan.

Selain itu, perusakan hutan juga menyebabkan hilangnya hewan-hewan yang menjadi makanan harimau sehingga satwa dilindungi itu masuk ke perkebunan sawit mencari makan. ***

Penulis: Indra
Editor : Muhammad Haris

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here