Beranda Nanggroe Paripurna Interpelasi DPRA Hanya Dihadiri Wagub Aceh

Paripurna Interpelasi DPRA Hanya Dihadiri Wagub Aceh

BERBAGI
Sidang paripurna penggunaan hak interpelasi DPRA. [Foto: AcehOnline/Reza Gunawan]

BANDA ACEH – Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) hari ini, Kamis (28/6/2018), kembali menggelar sidang paripurna terkait penggunaan hak interpelasi dewan. Paripurna untuk mendengar tanggapan Gubernur Aceh terkait sejumlah pertanyaan yang dilayangkan DPRA tersebut hanya dihadiri oleh Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Pantauan acehonline.info, paripurna yang digendakan Pukul 09.00 WIB itu, baru dimulai Pukul 10.10 WIB. Setelah wagub hadir ke DPRA, Ketua DPRA Tgk. Muharuddin langsung menggelar paripurna tersebut.

Ketua DPRA Tgk. Muharuddin dalam sambutannya mengatakan penggunaan hak interpelasi merupakan hak yang dimiliki DPRA yang diatur dalam tata tertib dewan. Jika gubernur Aceh tidak dapat menghadiri paripurna interpelasi tersebut, maka dapat diwakili oleh wakil gubernur Aceh.

Dalam paripurna interpelasi, Tgk. Muharuddin menambahkan, Anggota DPRA berhak menerima dan menolak jawaban dari gubernur Aceh.

“Jika nantinya DPRA menolak jawaban dan usulan gubernur Aceh, maka DPRA dapat menggunakan hak dan kewenangan lainnya, seperti hak angket,” ujarnya.

Hingga berita ini diturunkan, paripurna penggunaan hak interpelasi DPRA sedang berlangsung. Saat ini Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah sedang menyampaikan jawaban gubernur Aceh terkait penggunaan hak interpelasi dewan.

Dalam paripurna interpelasi sebelumnya, Gubernur Aceh dan perwakilan Pemerintah Aceh lainnya pada 4 Juni 2018 lalu tidak ada yang menghadiri paripurna tersebut. DPRA pun menilai mangkirnya gubernur Aceh merupakan pelecehan terhadap lembaga DPR Aceh.

DPRA sepakat menggunakan hak interpelasi terhadap Gubernur Aceh Irwandi Yusuf. DPRA menggunakan interpelasi tersebut untuk mempertanyakan terkait kebijakan gubernur menetapkan Pergub APBA dan Cambuk serta dugaan menerima suap Rp 14 miliar dalam kasus korupsi BPKS Sabang. [Reza Gunawan]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here