Beranda Nanggroe Data Pesanten di Aceh Bermasalah, Dinas Pendidikan Dayah Akan Turunkan Tim Survei

Data Pesanten di Aceh Bermasalah, Dinas Pendidikan Dayah Akan Turunkan Tim Survei

BERBAGI
Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah Elmadny. [Foto: FB. Usamah Elmadny]

BANDA ACEH – Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah Elmadny, mengatakan penetapan tipe dayah 2018 dilakukan berdasarkan input data yang dilakukan Dinas Pendidikan Dayah sebelum dirinya bertugas, yang kemudian ditetapkan dalam surat keputusan (SK) gubernur Aceh.

“Memang sampai kemarin banyak pimpinan dayah yang menyampaikan komplain ke kami,” kata Usamah Elmadny kepada acehonline.info menanggapi pemberitaaan data pasantren di Aceh bermasalah, Kamis (31/5/2018).

Dikarenakan tidak cukupnya waktu untuk direvisi tahun ini, kata Usamah, maka untuk realisasi anggaran dayah 2018 tetap akan merujuk pada SK gubernur Aceh yang telah disiapkan sebelum dirinya bertugas tersebut.

“Untuk menyelesaikan carut marut tipe dayah ini, pada pada Juli mendatang kami akan turunkan tim survei untuk mendata ulang tipe dayah yang ada di Aceh, dengan melibatkan dinas dayah kabupaten/kota,” ungkapnya.

Usamah berharap, pada 2019 nantinya persoalan tipe dayah di Aceh akan sesuai dengan fakta dan realita di lapangan.

“Untuk itu, kami berharap dukungan pimpinan dayah se-Aceh dan semua pihak terkait untuk dapat menyelesaikan persoalan ini,” harapnya.

Sebelumnya diberitakan, data pasantren atau dayah di Aceh dinilai terdapat permasalahan, yang berkaitan dengan klasifikasi atau penetapan tipe dayah. Hal itu berdasarkan adanya laporan yang diterima Partai Daerah Aceh (PD Aceh) dari sejumlah pengurus dayah di Aceh.

“Ada dayah di Aceh yang tipe A, turun menjadi tipe B. Ada juga yang bahkan hilang tipenya. Awalnya kami menerima laporan dari beberapa pengurus dayah di barat selatan Aceh. Ternyata setelah dicek, hampir seluruh Aceh bermasalah,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PD Aceh, Teungku Razuan, kepada acehonline.info, Rabu (30/5/2018), di Banda Aceh.

Teungku Razuan menduga, penilaian dalam penetapan klasifikasi tipe dayah di Aceh selama ini asal-asalan, di mana tidak dilakukan dengan baik. [Reza Gunawan]

BERBAGI

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here