Beranda Ekonomi Irmawan Upayakan Pembangunan Dermaga Besar di Barat Selatan Aceh

Irmawan Upayakan Pembangunan Dermaga Besar di Barat Selatan Aceh

BERBAGI
Anggota DPR-RI asal Aceh Irmawan. [Foto: AcehOnline/Reza Gunawan]

BANDA ACEH – Anggota DPR-RI asal Aceh Irmawan mengatakan dirinya telah mengupayakan pembangunan dermaga besar di Teluk Surin Aceh Barat Daya (ABDYA) untuk mengangkut hasil komoditi masyarakat barat selatan Aceh. Menurutnya, teluk surin berpotensi untuk dibangunnya dermaga besar bertaraf internasional.

“Sekarang kan hasil CPO (minyak sawit) masyarakat barat selatan harus dimobilisasi melalui darat ke Medan, baru dibawa ke luar. Jika ini bisa terwujud maka akan sangat membantu masyarakat barat selatan,” kata Irmawan kepada acehonline.info di sela-sela kegiatan silaturrahmi dan buka puasa bersama Bupati Aceh Tenggara dengan IKAGARA dan IPMAT Banda Aceh, Sabtu (26/5/2018), di Mayor Kopi Banda Aceh

Rencana pembangunan dermaga itu, Irmawan menjelaskan telah diusulkan bupati setempat, dan pihaknya telah membantu audiensi dengan Kementerian Perhubungan RI untuk mewujudkan pembangunan dermaga tersebut.

“Programnya sudah disetujui. Insya Allah pada 2019, pembangunan tahap awalnya sudah bisa dilakukan,” ungkapnya.

“Programnya multiyears, yang pembangunannya dianggarkan beberapa tahun, karena dermaganya skala besar. Minimal lima tahun diharapkan pembangunannya dapat diselesaikan,” tambah Irmawan.

Untuk akses pengangkutan hasil pertanian dan perkebunan masyarakat barat selatan Aceh saat ini, Irmawan mengatakan harus mengandalkan transportasi darat.

“Ada beberapa ruas jalan yang juga harus dibenahi, seperti di perbatasan Subulussalam – Pakpak Bharat yang kondisinya sangat parah. Kami sudah memanggil Kementerian PU, menyampaikan agar akses jalan ini dapat segera diperbaiki,” ujarnya.

Dengan adanya dermaga besar di barat selatan Aceh nantinya, Irwawan mengatakan masyarakat tidak perlu lagi mengangkut hasil komoditi mereka ke Medan, di mana dapat dilakukan langsung melalui Pelabuhan Teluk Surin.

“Jadi, perekonomian masyarakat barat selatan Aceh nantinya juga akan lebih hidup jika pembangunan dermaga ini terwujud,” ujarnya.

Kepada para kepala daerah di Aceh, khususnya wilayah barat selatan, Irwawan mengimbau untuk dapat proaktif menjemput dana dari APBN untuk membantu percepatan pembangunan di daerah.

“Alokasi anggaran daerah itu kan tidak sebanding dengan dana yang tersedia di APBN. Jadi diharapkan para kepala pemerintahan untuk sama-sama kita melobi dana pusat untuk dibawa ke daerah, agar proses percepatan pembangunan di daerah cepat terlaksana,” ungkap politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini. [Reza Gunawan]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here