Beranda Ekonomi Stock Beras dan Gula di Aceh Dipastikan Aman Selama Ramadhan

Stock Beras dan Gula di Aceh Dipastikan Aman Selama Ramadhan

BERBAGI
Kantor Bulog Aceh. [Foto: Ian Rifa'i]

BANDA ACEH – Perum Bulog Regional Aceh memastikan ketersedian (stock) beras dan gula di Aceh akan mencukupi selama Ramadhan.

“Posisi stok logistik kita cukup aman,” kata Kepala Bulog Regional Aceh Basirun kepada wartawan di kantor Bulog Aceh, Kuta Alam Banda Aceh, Selasa (15/5/2018).

Basirun menjelaskan saat ini beras yang sudah dijual Bulog Aceh ke distributor di pasar mencapai 16.200 ton. Sedangkan gula yang sudah dijual sebanyak 5.600 ton.

“Saat ini juga beras yang tersedia di gudang bulog ada sekitar 1005 ton. Bulog Aceh juga sedang menunggu pengiriman stok logistik lainnya sebanyak 1.152 ton yang sedang dalam perjalanan dari Jakarta dan Semarang menuju Medan kemudian ke Aceh,” jelasnya.

Basirun mengatakan stock beras dan gula yang ada, akan disalurkan jika adanya permintaan distributor.

“Polanya itu pada saat dibutuhkan, barangnya ada, gak mungkin kita tumpuk di gudang semuanya,” ungkap Basirun.

Pasokan ini, kata Basirun, akan mencukupi hingga Juni mendatang.

“Intinya pasokan yang ada di bulog dan di pasaran itu cukup,” tegasnya.

Basirun memprediksi peningkatan permintaan logistik, khususnya beras dan gula, akan terjadi pada pertengahan atau akhir Ramadhan nantinya.

“Beras meningkat karena masyarakat akan membayar zakat, sedangkan gula meningkat saat lebaran karena masyarakat buat kue,” ujarnya.

Terkait harga logistik, Basirun menambahkan dalam Permendag Nomor 57 tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) seperti halnya harga gula yaitu Rp 12.500 per kilogramnya.

“Kalau ada harga di atas HET nanti satgas pangan yang menangani masalah tersebut, agar masyarakat tidak dirugikan,” katanya.

Bulog Aceh, kata Basirun, juga akan melakukan program stabilisasi harga dengan menggelar pasar murah yang bekerja sama dengan BUMN dan Pemda.

“Dalam penyediaan stok di pasar murah nanti Bulog hanya menyediakan empat komoditi logistik yaitu beras, gula, minyak, dan tepung. Kalau ada yang minta telor, juga kami akan sediakan,” imbuhnya. [Ian Rifa’i]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here