Beranda Sagoe Tgk Muharuddin Perekrutan Pengawas Pemilu di Aceh Dinilai Ilegal, DPRA Surati Bawaslu RI

Perekrutan Pengawas Pemilu di Aceh Dinilai Ilegal, DPRA Surati Bawaslu RI

BERBAGI
Ketua DPRA Tgk Muharuddin (tengah) bersama anggota dan kuasa hukum DPRA saat menggelar konferensi pers di ruang kerjanya. [Foto: Reza Gunawan]

BANDA ACEH – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Tgk. Muharuddin, mengatakan perekrutan anggota pengawas pemilu Aceh dan kabupaten/kota se-Aceh yang dilakukan oleh Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) tidak sesuai dengan aturan hukum yang diatur dalam Undang-Undang Pemerintah Aceh (UUPA). Hal itu dikarenakan, dalam UUPA disebutkan perekrutan anggota Panwaslih (panwaslu di Aceh) dilakukan oleh DPR Aceh dan pengawas kabupaten/kota dilakukan oleh DPRK masing-masing.

“Dalam putusan Mahkamah Konstitusi saat DPRA mengugat UU Pemilu beberapa waktu lalu, juga disebutkan kewenangan perekrutan komisioner KIP dan Panwas itu adalah kewenangan DPR Aceh,” kata Tgk. Muharuddin usai menggelar rapat bersama pimpinan komisi dan fraksi DPRA di ruang kerjanya, Rabu siang (2/5/2018).

Terkait hal itu, Tgk. Muharuddin mengatakan DPRA telah meyurati Bawaslu RI pada 24 April 2018 lalu, yang mempertanyakan dasar hukum perekrutan pengawas pemilu di Aceh oleh Bawaslu RI.

“Agar tidak ada dualisme pengawas pemilu di Aceh, maka kami menyurati Bawaslu RI untuk menggelar pertemuan membahas aspek-aspek hukum perekrutan pengawas pemilu tersebut,” ujarnya.

Surat DPRA ke Bawaslu RI soal perekrutan pengawas pemilu di Aceh. [Istimewa]
Tgk. Muharuddin menjelaskan, di Undang-Undang Pemerintah Aceh disebutkan anggota Panwaslih Aceh direkrut oleh DPRA dan di-SK-kan oleh Bawaslu Pusat dan dilantik oleh gubernur Aceh. Begitu juga Panwas kabupaten/kota yang direkrut DPRK, di-SK-kan Bawaslu Pusat, dan dilantik oleh bupati/wali kota.

“Untuk itu, jika Bawaslu RI tidak menggubris persoalan ini, maka pengawas pemilu yang ada di Aceh itu Illegal, karena bertentangan dengan UUPA,” ujarnya. [Reza Gunawan]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here