Beranda Nanggroe Foto-foto Amira Penderita Penyakit Jantung asal Aceh Selatan Terkulai Lemas di RSUZA

Foto-foto Amira Penderita Penyakit Jantung asal Aceh Selatan Terkulai Lemas di RSUZA

BERBAGI
Amira Salsabila, bocah penderita penyakit jantung terkulai lemas di RSUZA. [Foto: Reza Gunawan]

Amira Salsabila, 4,9 tahun, terbaring lemas di Ruang Arafah Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh. Bocah malang asal Aceh Selatan itu menderita penyakit jantung, yang membuat sebagian tubuhnya membengkak, mulai dari perut hingga ke bagian wajah.

Sudah 20 hari, Amira dirawat di RSUZA. Pihak rumah sakit telah memutuskan untuk merujuk balita itu ke Rumah Sakit Umum Cipto Mangunkusumo (RSUCM) Jakarta. Namun, orang tua Amira belum dapat memberangkatkan buah hatinya itu karena terkendala biaya yang harus ditanggungnya.

Untuk proses rujukan ke Jakarta, orang tua Amira harus mengeluarkan uang sebesar Rp 15 juta, untuk biaya tambahan tiket pesawat dan biaya tabung oksigen, yang tidak ditanggung oleh jaminan kesehatan. BPJS hanya menanggung satu kursi untuk pasien dan satu kursi untuk pendamping. Sementara untuk Amira sendiri membutuhkan tiga kursi, karena balita harus dibaringkan di pesawat saat penerbangan menuju ke Jakarta.

Saat acehonline.info menjenguk Amira di ruang inap anak RSUZA, Senin sore (30/4/2018), dia terlihat lemas dan sebagian tubuhnya membengkak. Sesekali Amira merintih kesakitan dan memanggil orang tuanya. Meski dalam keadaan lemah, Amira tetap bersemangat menonton video dirinya bermain yang direkam sang ayah saat dia masih dalam keadaan sehat.

Orang tua Amira, Thaisir, kini sedang berupaya mencari tambahan dana agar dapat memberangkatkan anaknya ke Jakarta. Rencananya, Amira akan diberangkatkan ke Jakarta pada Rabu mendatang. Jika tak ada biaya tambahan, orang tua Amita terpaksa harus menerima kursi yang ditanggung oleh penyelenggara jaminan kesehatan, dengan memangku anaknya selama di pesawat nantinya. Dengan harapan, Amira dapat kembali tersenyum seperti sediakala.

Berikut foto-foto Amira yang terbaring lemas di RSUZA, Senin sore:

Foto dan Teks: Reza Gunawan

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here