Beranda Olahraga Minggu, “Fun Bike” dan “Fun Walk” Ramaikan Sabang Marine Festival 2018

Minggu, “Fun Bike” dan “Fun Walk” Ramaikan Sabang Marine Festival 2018

BERBAGI
Sabang Marine Festival 2018

SABANG – Dalam rangka memeriahkan Sabang Marine Festival 2018, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh turut menggelar “Fun Bike” dan “Fun Walk” yang digelar Minggu pagi, 29 April 2018. Acara tersebut akan diikuti sekitar 8500 peseta dengan star dan finish di Sabang Fair, Kota Sabang.

Menariknya, para peserta Fun Bike dan Fun Walk (sepeda santai dan jalan santai) yang akan dilepaskan oleh Wali Kota Sabang, Tgk Nazaruddin dan perwakilan Pemerintah Aceh serta didampingi Kadisbudpar Aceh tersebut, juga disediakan doorprize kepada para peserta yang beruntung sesuai  acara.

Rute untuk jalan santai yaitu: star dari Sabang Fair – Kebun Merica – Simpang Segitiga – Taman Ria – Komplek Mess Samudra – Jalan Untung  Surapati – Simpang SDN 2 – Pantai Paradiso hingga kembali ke Sabang fair.

Sedangkan, sepeda santai: start  Sabang Fair – Kebun Merica – putar  ke Taman Segita – Jalan Perkapalan – Jalan Perdaganggan – naik  ke Taman Ria – Pendopo Wali Kota – Tugu Simpang 5 – turunan RSAL – SMA1 –  Tapak Gajah – Pantai Kasih – Pantai Paradiso – Kembali ke Sabang Fair.

Sesuai skedul acara yang disiapkan oleh Disbudpar Aceh, acara tersebut akan dimulai pada pukul 07.30 WIB yang diawali acara pelepasan peserta. Dan, pada pukul 09.30 WIB para peserta sudah kembali ke lokasi finish yaitu di Sabang Fair untuk mengikuti acara lanjutan. Salah satunya adalah penyerahan door prize kepada peserta Fun Bike yang beruntung dan hiburan lainnya.

Kepala DisbudparAceh, Drs. Amiruddin M. Si, Sabtu (28/4/2018) mengatakan, Disbudpar Aceh akan terus berupaya untuk mempromosikan destinasi bahari di Sabang. Sehingga kedepannya Sabang menjadi tujuan utama kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Fun Bike yang akan digelar ini juga merupakan salah satu bentuk promosi untuk Sabang yang memiliki banyak ragam destinasi wisata bahari, yang menurutnya harus terus dikembangkan dan dipromosikan sehingga Sabang bisa lebih dikenal hingga ke belahan dunia.

“Dengan banyaknya wisatawan datang ke Sabang, sehingga dapat membangkitkan gairah perekonomian masyarakat Sabang khususnya dan Aceh pada umumnya. Sehingga bisa meningkatkan pendapatan masyarakat dan kemiskinan bisa terus ditekan,” kata Amiruddin didampingi Kabid Promosi dan Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadani.

Dengan adanya Sabang Marine Festival 2018 dan bersamaan dengan Festival Kenduri Laot, Fun Bike, Yachter, Tarian Tradisional dan berbagai kegiatan lainnya, diharapkan kedepannya akan terus meningkat kedatangan wisatawan ke Sabang.

Apalagi, kata dia, pemerintah terus berupaya menjalin kerjasama mempromosikan pariwisata bahari di Sabang dengan menggandeng Phuket, Langkawi atau yang dikenal dengan Sapula (Sabang, Phuket, Langkawi). Upaya ini diharapkan dapat menambah kedatangan turis dari sana.

“Sehingga kedepan dengan ada Sabang Yacht Club dan Saphula, seluruh yachter internasional bisa datang ke Sabang tidak hanya bila ada even, tetapi kapanpun mereka bisa berkunjung ke Sabang untuk menikmati keindahan alam bawah laut,” ujar Amiruddin sebagai pelaksana tugas Kadisbudpar Aceh menggantikan Reza Fahlevi yang kini bertugas di Kemenpar RI.

Menurutnya, kedatangan yachter dari berbagai negara pada Sabang Marine Festival ini, bisa menjadi ajang promosi ke negara mereka masing-masing. Mereka akan menyampaikan kepada yachter lainnya bahwa di Sabang memiliki destinasi wisata bahari yang patut dikunjungi.

Sementara itu, Kabid Promosi  dan Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadani menambahkan, untuk mempromosikan Sabang sebagai poros destinasi wisata bahari dunia, akan ada lagi agenda – agenda besar yang akan digelar di Sabang dalam beberapa bulan ke depan.

Seperti Aceh International Marathon, Aceh International Freediving Championship dan sejumlah agenda promosi lainnya. “Itu semua dijalankan untuk terus mengajak wisatawan dunia berkunjung ke Sabang yang kaya dengan alam lautnya,” sebut Rahmadani. []

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here