Beranda Travel Sabang Marine Festival 2018 Resmi Dibuka

Sabang Marine Festival 2018 Resmi Dibuka

BERBAGI
Pembukaan acara Sabang Marine Festival 2018. [Foto: Istimewa]

SABANG – Sabang Marine Festival 2018 resmi dibuka oleh tim Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Pemerintah Aceh, dan Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Bebas  Sabang (BPKS) di Sabang Fair, Gampong Kuta Bawah, Kecamatan Suka Karya, Kota Sabang, Jumat (27/04/2018).

Pada pembukaan agenda tahunan di Sabang tersebut, dari pihak Kemenpar diwakili oleh Penasehat  Menteri Pariwisata, Prof Dr. Indroyono Soesilo, M.Sc dan dari Pemerintah Aceh diwakili oleh Staf Ahli Bidang Keistimewaan dan Hubungan Antar Lembaga, Drs Abdul Karim. Sementara di BPKS dihadiri langsung oleh Kepala BPKS, Dr. Said Fadil, SH. M.Hum.

Hadir juga Wakil Wali Kota Sabang, Suraji Yunus, Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sabang, Muhammad Ali Taufik serta Forkopimda Kota Sabang.

Dr. Indroyono dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah RI melalui Kementerian Pariwisata terus berupayan untuk mempromosikan destinasi wisata Sabang sebagai poros wisata bahari dunia. Setelah sebelumnya atau pada Desember 2017 melaksanakan Sail Sabang, kali ini kembali menggelar even tahunan yakni Sabang Marine Festival 2018.

“Ini semua dilaksanakan, tujuannya adalah untuk mempromosikan Sabang sebagai pintu wisata bahari dunia. Dengan terus dipromosikan, kekayaan alam Sabang akan terus diminati oleh wisatawan dunia datang ke Sabang untuk perjalanan wisata,” kata Indroyono.

Senada disampaikan Kepala BPKS, Said Fadil. Menurutnya, Sabang Marine Festival 2018 merupakan ajang promosi untuk terus memajukan Sabang sebagai destinasi wisata dunia. BPKS bersama Pemerintah Kota Sabang akan terus bergandeng tangan untuk terus membangun sarana dan prasarana wisata yang masih harus dikembangkan.

Dia juga menjelaskan, Sabang Marine Festival 2018 ada dua agenda yang sama dilakukaan bersamaan yaitu, Sabang Marine Festival dan Fetival Kenduri Laot. “Festival kenduri laot ini dilaksanakan oleh Pemko Sabang, sedangkan Sabang Marine dilaksanakan oleh BPKS. Ini bukti bahwa  BPKS dan Pemko Sabang selalu bergandeng tangan mempromosi Sabang,” kata Said Fadil.

Adapaun agenda Sabang Marine Festival yang digelar selama tiga hari ini antara lain, pada malam kesenian akan menampilkan seni tradisional dan penampilan artis lokal Apche 13. Esoknya, Sabtu 28 April 2018 akan ada perlombaan tarik tambang, lompat karung yang digelar di Lapangan Play Groune, Sabang.

Siang harinya, ada lomba perahu dayung di Teluk Sabang dan tinju air di Pantai Pasiran, Sabang.  Pada hari puncak Minggu, 29 April, ada fun bike dan fun walk, lalu ada city tour. Pada siang Minggu 29 April 2018, ada yach parade di Lhok Weng Sabang, kemudian dalam waktu bersamaan akan ada atraksi tari kolosal di lokasi yang sama.

Untuk Seni, 30 April 2018, sejumlah peserta Sabang Marine Festival akan melakukan City Tour ke Kota Banda Aceh. Mereka akan mengunjungi Meseum Tsunami dan ke wisata Kapal Apaung usai makan siang. Siang harinya para peserta akan kembali ke Kota Sabang. []

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here