Beranda Ekonomi Gubernur Aceh: Program Aspirasi Harus Melalui Musrenbang

Gubernur Aceh: Program Aspirasi Harus Melalui Musrenbang

107
BERBAGI
Gubernur Aceh Irwandi Yusuf membuka acara musrenbang RKPA tahun 2019. [Foto: Reza Gunawan]

BANDA ACEH – Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mengatakan seluruh program aspirasi yang diusulkan masyarakat baik dari pemerintah maupun dari dewan harus disampaikan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).

“Tidak ada jalur lain, semuanya satu pintuk yaitu Musrenbang,” kata Gubernur Aceh Irwandi Yusuf kepada wartawan usai membuka kegiatan Musrenbang RKPA 2019, Senin (16/4/2018), di Gedung Utama DPR Aceh.

Seluruh usulan program dan kegiatan di jajaran Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA), Irwandi menjelaskan, harus diinput ke dalam e-Planning.

“Tahun ini sistem tersebut akan terintegrasi dengan e-Budgetting, sehingga tidak akan ditemukan lagi usulan kegiatan baru, yang selama ini dipersepsikan sebagai “penumpang gelap”, ujarnya.

Pemerintah Aceh, kata Irwandi, memiliki sejumlah progam yang akan dijalankan nantinya, untuk mengentaskan kemiskinan di Aceh.

“Yang menjadi prioritas adalah pengurangan angka kemiskinan dan pengangguran,” ujarnya.

Irwandi berharap forum musrenbang tersebut mampu menghasilkan usulan kegiatan/proyek yang memiliki korelasi yang kuat untuk menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran di Aceh.

“Prioritas lainnya, diharapkan pembangunan infrastruktur memiliki fungsi konektifitas antara wilayah dan antar sentra produksi dengan pasar, sehingga tidak ada lagi wilayah di Aceh yang terisolir dan tertinggal akibat tidak adanya akses infrastruktur transportasi yang lancar,” ujar gubernur. [Reza Gunawan]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here