Beranda Ekonomi Perusahaan Turki Tawarkan Investasi Senilai Rp 13 Triliun untuk Proyek Geothermal di...

Perusahaan Turki Tawarkan Investasi Senilai Rp 13 Triliun untuk Proyek Geothermal di Aceh

BERBAGI

BANDA ACEH – Perusahaan asal Turki Hitay Holding menawarkan investasi senilai satu miliar USD atau sekitar 13 triliun rupiah untuk menggarap proyek Geothermal sebesar 220 megawat di Gunong Guerudong, Bener Meriah.

Saat ini, perusaaan itu tengah menunggu pengumuman pemenang tender dari Kementerian ESDM. Selain Hitay, tender juga diikuti oleh KS ORKA, perusahaan yang berasal dari Cina.

“Insya Alah kita akan segera menggarap proyek tersebut,” ujar Mehmet Emin Hitay, Chairman Perusahan Hitay Holding Turki, usai melakukan pertemuan dengan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf diruang rapatnya, Senin (2/4/2018), di Banda Aceh.

“Kita tender 160 megawat, tapi kemungkinan potensi geothermal di Gunong Geurudong mencapai 220 megawat, jadi total investasi yang akan kita lakukan sekitar 1 miliar Dollar,” ujar  Mehmet

Mehmet mengatakan, pihaknya sudah empat kali datang ke Aceh untuk membahas rencana investasi proyek Goethermal Gunong Geurudong. Dia berterima kasih atas dukungan dari Pemerintah Aceh kepada Hitay Holding.

Pihak Hitay nantinya akan melakukan pengeboran 6 sumur untuk mendapatkan sumber energi geothermal dalam jangka waktu dua tahun.

Mehmet yakin, Gunong Geurudong mempunyai potensi energi yang sangat besar dan merupakan prospek investasi yang sangat menguntungkan untuk Hitay Holding serta bagi dunia investasi di Aceh.

Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dalam pertemuannya dengan Mehmet juga menawarkan berbagai peluang investasi lainnya.  Di antaranya, investasi di Kawasan Ekonomi Khusus Arun Lhokseumawe, investasi dalam bidang perikanan, pertanian serta pariwisata.

Irwandi juga meminta Mehmet mengajak investor lainnya di Turki untuk berinvestasi di Aceh dalam berbagai bidang. [RILIS]

BERBAGI

1 KOMENTAR

  1. Bapak Gebenur Irwandi Yusuf yg terhormat…
    pertama saya ucapkan terimakasih sdh berupaya untuk berkerja sama dengan negara Turky, dan nantinya pasti ada kerjasama di sektor pertanian dan perikanan kami berharap ada binaan di sektor Agro bisnis dan para petani lokal yg untuk persiapkan apa aja investasi yg bapak rencanakan kedepan supaya warga (petani) sdh harus mempersiapkan hasil pertanian dan perikanan yg layak di pasarkan di pasar, bilateral, pasar internasinal ataupun pasar Global
    #KerjapositifGebenurAceh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here