Beranda Nanggroe Faskes Tingkat Pertama Berkomitmen Optimalkan Pelayanan

Faskes Tingkat Pertama Berkomitmen Optimalkan Pelayanan

BERBAGI

BANDA ACEH – Sebanyak 14 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang terdiri dari klinik pratama dan dokter praktek perorangan di wilayah Banda Aceh, Sabang, Aceh Besar, Pidie dan Pidie Jaya menyerahkan perjanjian kerjasama pelayanan kesehatan bagi peserta program Jaminan Kesehatan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Banda Aceh, Kamis (21/12/2017).

14 FKTP Tersebut merupakan FKTP yang baru pertama kali melakukan kerjasama dengan BPJS Kesehatan. Selain 14 FKTP, turut hadir 9 FKTP calon provider BPJS Kesehatan, yang terlebih dahulu menerima sosialisasi dari BPJS Kesehatan dan melakukan diskusi dalam pertemuan tersebut.

Pada kesempatan tersebut, BPJS Kesehatan juga melakukan sosialisasi tentang potensi terjadinya kesalahan prosedur, pelanggaran dan kecurangan (fraud) dalam program JKN-KIS.

Dalam memberikan materi, Wakil ketua Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya Cabang Banda Aceh, drg. Supriadi menyampaikan, peran FKTP demikian besar dalam era JKN-KIS sebagai gate keeper.

“Potensi kecurangan masih ada, karenanya sistem pengawasannya harus diperkuat”, ujarnya.

Sementara pengurus Asosiasi Klinik Indonesia (ASKLIN) Provinsi Aceh, dr. Teuku Yuspriady mengatakan klinik sebagai salah satu lini FKTP dalam program JKN-KIS harus terus mengupayakan pengembangan dan sesuai dengan kebutuhan medis pasien yang mengakses pelayanan kesehatan.

“Klinik sebagai salah satu lini FKTP harus bisa mengembangkan kebutuhan medis sesuai kebutuhan dalam pelayanan kesehatan,” katanya.

kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, dr. Sari Quratul Ainy mengharapkan setiap pihak memahami perannya masing-masing dalam program JKN-KIS, karena semuanya sudah diatur melalui peraturan perundang-undangan.

“Tantangan program JKN-KIS ke depannya semakin besar seiring dengan membesarnya ekspektasi masyarakat, kita harus mampu menunjukkan kualitas kerja yang terbaik untuk memenuhi harapan masyarakat dan kemudian kita berharap program JKN-KIS ini mendatangkan manfaat yang luas bagi masyarakat kita. FKTP tentu menjadi sangant penting karena menjadi pintu pertama bagi masyakarat yang membutuhkan pelayanan kesehatan,” katanya. [Tomy]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here