Beranda Nanggroe Dinilai Langgar Syariat, Enam Waria Diamankan

Dinilai Langgar Syariat, Enam Waria Diamankan

424
BERBAGI
Penyidik WH Aceh sedang memeriksa Waria

BANDA ACEH – Sejumlah waria diamankan warga di kawasan Simpang Surabaya, Banda Aceh. Mereka diamankan usai mengikuti pesta di salah satu hotel berbintang di Banda Aceh.

Menurut salah satu masyarakat dari gerakan antimaksiat, M.Reki Nyak Wang mengatakan keberadaan sejumlah warit tersebut berdasarkan informasi dimana sejumlah warit sedang mengadakan pesta di hotel. Namun, pesta tersebut sudah selesai dilaksanakan.

“Memang saat itu pesta yang di hotel sudah selesai mereka laksanakan, sekitar pukul 01.00 WIB kami mendapatkan info lagi waria itu sedang berada di salah satu cafe di Simpang Surabaya,” ujarnya.

Mendapat informasi itu, sejumlah warga langsung ke lokasi dan menemukan enam sejumlah waria yang sedang makan dan selanjutnya menghubungi petugas WH untuk mengamankan mereka.

“Saat itu juga kita minta petugas WH untuk mengamankan mereka, dan pagi itu juga diamankan pegugas satpol PP dan WH Aceh,” ujarnya.

Sementara Kasi Penyelidikan dan Peyidikan WH Aceh, Marzuki menyebutkan berdasarkan hasil pemeriksaan, keenam waria yang diamankan tersebut keenam waria itu sebelumnya sedang mengadakan perayaan hari ulang tahun salah rekannya yang juga waria. Menurut informasi yang mengikuti pesta itu mencapai puluhan, namun hanya enam orang yang diamankan warga setelah pesta itu usai.

“Hanya enam yang diamankan warga di lokasi simpang Surabaya, mereka usai melakukan pesta hari ulang tahun di hotel. Sementara satu waria lagi diamankan di simpang Lima Banda Aceh saat sedang jalan,” ujarnya.

Untuk selanjutnya, tujuh waria yang diamankan di dua lokasi berbeda itu akan diberikan pembinaan dan akan diberlakuan wajib lapor.

Pembinaan itu dilakukan, menurut Marzuki tidak ditemukan adanya unsur pidana Syariat atau tidak ada perbuatan yang masuk dalam Qanun Jinayah.

“Saat ditangkap, mereka tidak berbuat maksiat sehingga dikenakan hukuman ringan yakni tiga bulan penjara atau dilakukan pembinaan,” ungkapnya.

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here