Dua Gempa di Selatan Jawa, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami

    193
    0
    BERBAGI

    YOGYAKARTA – Warga di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa merasakan dua guncangan gempa, Jumat (15/12/2017) tengah malam. Gempa kedua terasa kencang dan berpotensi menimbulkan tsunami.

    Akun Twitter Humas BMKG menyebutkan, ada dua gempa yang terjadi malam ini. Gempa pertama terjadi pada pukul 23.04 WIB.

    Adapun gempa kedua terjadi pada pukul 23.47 WIB dan berpotensi menimbulkan tsunami. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mencatat gempa bermagnitudo 6,9 (sebelumnya ditulis 7,3, red) di lokasi 7,75 derajat Lintang Selatan dan 108,11 derajat Bujur Timur di kedalaman 107 km.

    Laporan yang diterima Kompas.com, warga di Semarang dan Solo, Jawa Tengah, merasakan gempa selama beberapa detik.

    Sementara itu, warga Gunungkidul, DI Yogyakarta, membunyikan kentongan untuk mengingatkan warga untuk waspada. Sebagian warga yang terjaga dari tidurnya keluar rumah.

    Dari pantauan di Dusun Tumpak, Desa Ngawu, Kecamatan Playen, Gunungkidul, warga merasakan gempa cukup lama. “Getarannya kecil tetapi cukup lama ada beberapa detik tadi saya merasakan,” kata warga Tumpak, Suharjono.

    Goncangan juga dirasakan oleh warga Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul. “Kuat banget, saya sampai terbangun,” kata Maria Amelia, warga Yogyakarta.[Kompas.com]

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here