Beranda Ekonomi Pelabuhan Sabang Layak Berstandar Internasional

Pelabuhan Sabang Layak Berstandar Internasional

85
0
BERBAGI

SABANG – Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mengharapkan pelabuhan di Sabang menjadi pelabuhan internasional.

“Sabang sangat layak karena sejak dulu merupakan daerah pelabuhan yang sudah difungsikan untuk perdagangan ke Eropa dan Timur, kawasan Sabang sejak dulu sudah menjadi daerah singgahan,” katanya di Sabang, Sabtu (2/12/2017).

Irwandi mengatakan, Sabang saat ini cocok dibangun sebagai daerah wisata dan kawasan transportasi dunia melalui pelabuhan bebasnya.

“Sabang harus menjadikan dirinya sebagai harbour internasional, dan event ini juga merupakan momentum untuk menabalkan Sabang sebagai Internasional Marine Tourism Hub atau terminal wisata bahari dunia,” kata Irwandi Yusuf.

Selain itu kata Irwandi, Aceh memiliki potensi ekonomi kelautan (maritim) yang sangat besar, yang sampai sekarang belum dimanfaatkan secara optimal.

Sementara itu Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Aceh, Mulyadi Nurdin menjelaskan bahwa dalam setiap kesempatan penting, Gubernur Irwandi Yusuf selalu mengulang penjelasan bahwa Aceh sudah aman dan ramah untuk investasi.

Menurut Mulyadi Nurdin, Gubernur Irwandi Yusuf mengharapkan even Sail Sabang menjadi kesempatan bagi Aceh untuk menunjukkan bahwa Aceh saat sudah benar-benar aman dan siap menerima tamu maupun investor dari manapun.

“Melalui kegiatan Sail Sabang kita tentu mengharapkan agar wisata Sabang semakin mendunia, sehingga Sabang dapat berkontribusi mewujudkan kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia pada tahun 2019,” lanjut Irwandi sebagaimana dikutip Mulyadi Nurdin.

Sementara itu, Menteri Pariwisata, Arief Yahya, menyebutkan, Sail Sabang 2017 kali ini tercatat menghadirkan peserta terbanyak jika dibandingkan delapan sail sebelumnya, yang mencapai sekitar 20.000 peserta, di mana 15% atau 3.000 orang di antaranya adalah wisatawan mancanegara.

Arief juga menekankan kembali pesan yang sempat disampaikan Presiden RI Joko Widodo bahwa gelaran sail seperti ini tidak boleh hanya berhenti di tahap seremonial.

“Sail kali ini harus mampu memberikan dampak nyata melalui peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat Sabang,” tegasnya. [Rizki Aulia]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here