Beranda Lingkungan Pidie Dilanda Banjir

Pidie Dilanda Banjir

120
0
BERBAGI

SIGLI – Akibat hujan deras sepanjang sore, Krueng Geunie meluap di Kecamatan Tangse Pidie. Satu unit rumah penduduk setempat hanyut terbawa arus dan satu unit jembatan di ruas jalan Beureuneun menuju Tangse, juga nyaris putus terkikis banjir, dan satu dumtruck sempat hanyut terbawa arus, Sabtu (25/11/2017).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Pidie Apriadi menyebutkan berdasarkan informasi sementara, arus sungai Krueng Baro Raya sejak siang debit airnya mulai tinggi.

Arus cukup deras dan sekitar pukul 19.00 WIB,├┐satu rumah penduduk Desa Genie, terbawa arus, dan satu jembatan ruas jalan Beureuneun-Tangse nyaris putus akibat tergerus banjir. Namun sejauh ini belum diketahui apakah ada korban jiwa dalam peristiwa banjir tersebut.

“Berdasarkan informasi sementara yang kami peroleh dari lokasi, satu unit rumah warga Geunie hanyut terbawa arus. Akibat banjir juga menyebabkan satu unit jembatan nyaris putus dan tidak bisa lagi dilalui kendaraan,” katanya.

Apriadi menyebutkan, pihaknya bersama tim reaksi cepat atau TRC tanggap bencana mulai bertolak ke lokasi banjir di Desa Geunie jaraknya sekitar 30 kilometer dari Kota Sigli.

“Namun belum dapat diperoleh informasi lanjutan. Untuk informasi kondisi Desa Geunie, belum kami peroleh secara detail karena masih dalam perjalanan,” sebutnya.

Informasi lainnya menyebutkan, jembatan di ruas jalan lintas Beureuneun-Meulaboh, di Desa Geunie, kondisinya nyaris putus karena fondasinya telah rubuh tergerus banjir. Sementara banjir juga menghantam Desa Layan, menyebabkan satu unit jembatan juga hanyut.

Di Kecamatan Keumala, satu unit dumtruck pengangkut pasir hanyut terbawa arus. Namun sopir dan truknya berhasil dievakuasi oleh warga setempat menggunakan satu unit alat berat.

Sedangkan kawasan daerah aliran sungai atau DAS ├┐Krueng Baro Raya kini mulai meluap beberapa Desa di sepanjang DAS sungai tersebut mulai digenangi banjir kiriman. [Marzuki]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here